Memaknai Haflah, Menanti Berkah

ikon HIA 2013Memaknai Haflah, Menanti Berkah*

Haflatul Imtihan atau haflah merupakan agenda tahunan yayasan. Agenda ini memiliki peran strategis dalam memperkenalkan peran dan kiprah madrasah atau yayasan di masyarakat terutama kiprahnya dalam dunia pendidikan. Kenapa kiprah ini perlu ditingkatkan? Jawabannya tak lain adalah karena tidak bisa dipungkiri bahwa madrasah lah tempat atau wahana mendidik dan mencerdaskan masyarakat, di madrasah ini lah generasi muda dididik akhlaknya untuk bisa menjadi generasi yang berakhlakul karimah dan di madrasah ini lah mereka dipacu dan ditingkatkan intelektualitasnya sehingga diharapkan dari dua formulasi yang ditawarkan madrasah tadi lahirlah generasi-generasi yang memiliki intelektualitas tinggi dan berakhlakul karimah.
Atas dasar ini lah sudah seharusnya dalam rangka memaksimalkan peran serta madrasah tadi, kegiatan haflah ini memiliki esensi yang jelas. Sejauh ini, ada tiga esensi, yakni; tasyakuran, media edukasi, dan promosi madrasah.
Pertama:
Perlu disadari dan dipahami bahwa keberhasilan dan kemajuan madrasah atau yayasan selama ini pada hakikatnya adalah karunia dan inayah Allah. Tanpa bimbingan dan hidayah Allah mustahil madrasah ini bisa mencapai keberhasilan dan kemajuan seperti yang kita jumpai saat ini, menjadi sebuah institusi besar bahkan bisa dikatakan terbesar di lingkungan Wajak. Karena itu, rasa syukur atas kenikmatan tersebut merupakan keniscayaan. Hal ini didasarkan pada Surat Ibrahim: 7 yang artinya sebagai berikut: Dan (ingatlah) juga, tatkala Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari(nikmat-Ku), maka adzab-Ku sangat pedih.
Semoga dengan memaknia haflah seagai ungkapan rasa syukur ini Allah semakin memberikan kenikmatan dan inayah dan rahmat kepada kita semua untuk lebih memajukan madrasah atau yayasan demi mencerdaskan dan mengantarkan generasi muda ke masa depan yang cemerlang.
Kedua:
Madrasah berperan penting dalam mencerdaskan bangsa, cerdas dalam intelektual, emosional, dan spiritual. Dalam rangka memaksimalkan potensi ini, maka seharusnya kegiatan haflah bisa dimaksimalkan. Salah satu kegiatan yang ditawarkan pada haflah kali adalah Alexandria 2013. Alexandria 2013 yang merupakan akronim dari Alhidayah Expo and Art Apreciation 2013 adalah kegiatan yang berisi perlombaan siswa RA/TK, MI/SD, MTs/SMP se-Kecamatan Wajak.
Ketiga:
Untuk lebih mengenalkan dan mendekatkan madrasah dengan masyarakat maka diperlukan langkah yang efektif dan strategis untuk merealisasikan misi ini. Dengan strategi promosi ini yang sangat efektif, madrasah dapat menyajikan keunggulan-keunggulan madrasah di mata masyarakat sehingga keberadaan madrasah di tengah-tengah masyarakat sebagai sebuah instansi yang kredibel dalam mencetak generasi muda menjadi generasi yang intelek dan berakhlak serta memiliki kompetensi lifeskill yang mumpuni akan menjadi suatu hal familiar sehingga diharapkan masyarakat akan lebih mempercayakan pendidikan putra putri mereka di madrasah.

Artikel ini disarikan oleh Alfaqiir ila afwi rabbihi al qadiir Muhammad Islahul Mukmin di saat mengenang berpulangnya Almaghfurlah Ustadz Jefry Albukhori pada Jumat, 26 April 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s